Sabtu, 27 Februari 2016

Pura Tamba Waras Manisfestasi Tuhan Sebagai Obat Alam Semesta

gambar pura tamba waras
gambar pura tamba waras


Sejarah Pembangunan Pura Tamba Waras
Diceritakan pembangunan pura ini berkaitan dengan sakit keras yang diderita cokorda tabanan yaitu raja tabanan pada masa itu.

Abdi kerajaan menerima petunjuk secara gaib, obat yang dibutuhkan raja ditandai dengan asap mengepul sebagai petunjuk.

Abdi kerjaan pun melakukan perjalanan ke hutan gunung batukaru, dijumpailah asap mengepul dari sebuah kelapa di dalam rumpun bambu.

Ini persis seperti petunjuk gaib yang diterima abdi kerajaan. Abdi kerajaan lalu memohon obat untuk menyembuhkan raja di tempat tersebut.

Singkat cerita obat pun didapat, obat itu dibawa dan di berikan kepada raja tabanan yang sedang sakit keras. Obat tersebut manjur dan raja sembuh seperti sedia kala.

Dan di tempat tersebut lalu dibangun tempat pemujaan bernama Pura Tamba waras yang memiliki makna tamba berarti obat dan waras artinya sehat atau normal kembali.

Diyakini jika memiliki penyakit yang berhubungan dengan niskala niscaya bisa diobati di pura ini, tapi harus dibarengi dengan niat yang tulus untuk meminta kesehatan.

Jadi pura luhur tamba waras ini bermaka sebagai tempat pemujaan untuk kekuatan ida sang hyang widhi wasa sebagai tempat obat, kerahayuan, kesehatan, kebijaksanaan untuk mencapai kesejahteraan.

Kawasan Pura Luhur Tamba Waras

gambar pura tamba waras
gambar pelinggih pura tamba waras

Pura ini terletak di lereng sebelah selatan Gunung Batukaru , di atas ketinggian sekitar 725 meter dari permukaan laut dibangun sekitar abad ke-12, tepatnya di Desa Sangketan, Penebel, Tabanan.

pura luhur tamba waras dikelilingi oleh hutan cagar alam yang tumbuh alami dan rindang sehingga keberadaan pura ini begitu menyejukan.

berstatus sebagai Sad Kahyangan Jagat Bali. Di sekitar kawasan pura luhur tamba waras juga terdapat Pura Luhur Muncaksari , Pura Luhur Batukaru, Pura Patali dan Pura Besikalung.

Kesempurnaan antara kedua sisi ini dapat memperkuat alam semesta. 

Dengan demikian Pura Luhur Tamba Waras merupakan satu kekuatan penyangga keutamaan fungsi Ida Batara Sang Hyang Tumuwuh yang berstana di Pura Luhur Batukaru.

Rangkaian Pemelastian
gambar piodalan pura tamba waras
gambar melasti pura tamba waras

Rangkaian piodalan pemelastian dilakukan dengan waktu yang relative lama yaitu memakan waktu tiga hari perjalan dari pura luhur tamba waras menuju segara di tanah lot.

Selamaperjalanan ide bhatara akan menetap di beberapa pura masandekan di Pura Puseh Desa Wanasari, Pura Pesimpangan Kuwuban Luhur Batukaru lalu mekemit atau bermalam di Pura Desa Adat Kota Tabanan.

Lalu keesokan harinya kembali melanjutkan perjalanan menuju pantai Tanah Lot dengan sebelumnya masandekan di Pura Desa Adat Demung dan Pura Dangin Bingin.

Sekembalinya dari melasti marerepan di Pura Puseh kembali.

Kemudian pada hari ketiga, baru dilakukan prosesi mamendak Ida Batara rawuh dari melasti di Pura Luhur Tamba Waras.

Perjalanan panjang pemelastian ini dapat memupuk kebersamaan dalam penyelenggaraan karya, terbentuk rasa kekeluargaan serta  menciptakan rasa damai di kalangan umat pengempon Pura Luhur Tamba Waras.

Tidak ada komentar: